Ganti Background Foto Menggunakan Photoshop

Ganti Background Foto Menggunakan Photoshop


Adobe Photoshop adalah software powerfull untuk foto editing. Saat ini photoshop adalah software yang paling sering dipakai para foto designer di seluruh dunia. Dalam paraktek ini saya menggunakan Photoshop CS3. Anda bisa menggunakan versi berapapun, karena  untuk ganti background foto bisa dilakukan dengan fitur-fitur yang ada di Photoshop versi berapapun.
Pertama pastinya computer anda sudah terinstal Photoshop (atau bisa juga disebut PS). Bagi yang belum punya software Photoshop anda bisa download gratis PS Portable di sini (maaf sekarang file hilang, nanti klo sdh upload lg akan kita info lagi ya). Untuk instalnya anda pasti sudah tahu karena tinggal klik next dan next sampai finish, namun untuk PS Portable anda tak perlu menginstalnya. Bila sudah redi siapkan fotonya tentunya. Usahakan foto aslinya mempunyai backround polos karena akan mempermudah dalam pengerjaanya nanti, tapi dalam contoh ini saya tidak menggunakan background polos. Bila anda belum terlalu paham area kerja PS dan tool-toolnya anda bisa baca area kerja dan fungsi tool-tool Photoshop.
Sebenarnya banyak cara untuk mengganti background foto menggunakan PS, misalnya erase, layer mask dll. Disini saya menggunkan teknik layer mask, karena dengan teknik ini lebih mudah untuk koreksinya. Dan perlu diketahui juga untuk bidang desain itu tidak ada benar salah, semua tergantung jiwa seni masing-masing.  Oke langsung saja bro. Kurang lebih begini langkah-langkahnya :


buka foto klik openpilih foto edit background


1. Buka area kerja PS, klik File>Open, kemudian pilih foto yang akan anda ganti background  seperti gambar diatas.
duplikat layer photoshop

layer background copy


2. Selanjutnya duplikat layer, hal ini sebaiknya selalu dilkukan dalam editing foto apapun (termasuk selain ganti background) untuk berjaga-jaga agar foto master tetap ada karena selanjutnya editing dilakukan pada layer copy. Caranya cukup pilih layer Background pada layer palette (biasanya di sebelah kanan area kerja PS), kemudian klik-kanan pada layer Background dan klik(kiri) pada Duplicate Layer sehingga muncul layer baru bernama Background copy. Harap diperhatikan sekarang kita punya dua layer, yaitu layer Background dan Background copy . ….Ok karena Adzan Dhuhur sudah berkumandang saya sholat dulu ya para pemirsa, nanti dilanjut lagi.
tool layer palette

seleksi foto


3. Olrait , Sholat sudah, makanpun selesai. Mari kita kembali ke PS…Selanjutnya kita mulai beralih ke view area. Pastikan layer yang aktif adalah Backround copy seperti yang dijelaskan pada nomor 2. Seleksi gambar mengunakan Polygonal Laso tool ( klik Tool Box yang biasa di sebelah kiri are kerja PS yang berlogo seperti ini  ), pilih obyek yang akan ditampilkan dan akan dibuang(background). Caranya cukup klik secara berurutan disisi gambar obyek sampai semuanya terseleksi dan akhiri dengan double-klik.NB: Untuk background polos, seleksi dapat anda lakukan dengan Magic Wand Tool . Cukup klik pada bagian background, maka seluruh background akan terseleksi. Tapi ingat, yang kita butuhkan adalah seleksi bagian obyeknya, jadi kita harus membalik seleksinya. Caranya cukup Anda tekan Ctrl+Shift+I. udah deh..
feather pixel


4. Jika gambar obyek sudah terseleksi seperti gambar nomor 3b, kemudian tekan Alt+Ctrl+D pada keyboard sehingga muncul jendela dialog Feather Selection, selanjutnya isi Feather Radius  dengan nilai 2 dan klik OK. Feather ini fungsinya adalah untuk memperhalus seleksi obyek yang nantinya akan memperhalus potongannya tentunya, semakin tinggi nilai yang kita isikan maka semakin halus pula potongannya
mask layer photoshop


5. Klik Add Vektor Mask yang terletak dibagian bawah layer palette sehingga muncul layer mask pada layer Background copy, dan kemudian hilangkan tanda gambar mata pada layer Background dengan cara menge-kliknya(fungsinya adalah tidak menampilkan layer ini). Maka.. Jeng-Jeng! Background pun hilang.
drag backgroun foto

transform layer



6. Selanjutnya adalah tinggal memasukkan gambar Background yang kita inginkan. Caranya adalah klik layer Background. Kemudian buka file background(baru) di area kerja PS, caranya seperti nomor 1. Lalu aktifkan Move tool (klik tanda ini  pada Tool Box), kemudian klik pada gambar background (view area) dan drag ke gambar obyeknya (view area). Maka akan muncul layer baru dan akan tampil background baru di belakang obyek. kemudian tinggal kita sesuaikan posisi backgroundnya sesuai kemauan kita, anda bisa menggunakan Free transform (tekan Ctrl+T pada keyboard) untuk mengatur ukuran dengan menarik tanda di setiap sudutnya dan letaknya.



Mudah kan? Selanjutnya untuk mempercantiknya Anda bisa menambah ornament-ornamen seperti text, border dsb, atau memberi efek yang disuguhkan oleh fitur-fitur PS sesuai selera anda. Maaf saat ini belum sempat untuk membahasnya, mungkin akan saya bahas lain kali. Apa bila ada yang belum jelas bisa anda tanyakan dengan menulis komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat & Selamat berkarya!

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Ganti Background Foto Menggunakan Photoshop"

  1. mudah jg ya mengganti background
    thanks admin....

    BalasHapus
  2. kalo tau , semua itu mudah :>)

    BalasHapus
  3. artikel yang menarik gan, merubah suasana latar pada foto, membuat foto menjadi cantik...

    BalasHapus
  4. Is Perfect for tutorial(0)

    BalasHapus