BELAJAR FACEBOOK MARKETING

Apa sih facebook marketing? Facebook marketing adalah strategi menjual produk secara online. Facebook merupakan jejaring sosial yang populer saat ini, bahkan simbah saya aja tau apa itu facebook he he. Untuk itu kenapa tidak kita manfaatkan untuk mengembangkan usaha kita untuk menjaring klien dengan jangkauan yang luaaaaas.

Belajar facebook marketing
Mau Belajar Internet Marketing di facebook? Klik "LIKE" dulu ya !


Secara umum orang menggunakan facebook untuk 4 hal ini :
  1. Berinteraksi, baik dengan teman, sodara, cari pasangan, dan lain sebagainya.
  2. Mengisi waktu luang. ini biasanya orang login facebook untuk main game.
  3. Mencari info terbaru. Orang sering ga mau ketinggalan berita terbaru, takut dibilang ga update gitu. Jadi disini facebook dianggap media termudah & termurah untuk mengikuti trend.
  4. Bergosip & ajang pamer. Istilah gaulnya narsis lah. biasanya orang model ini suka upload fotonya sendiri (mungkin biar terkenal), klo punya motor keren wajib foto bareng motornya, klo punya mobil wajib foto di mobilnya.. he he. mudah-mudahan anda ga termasuk ya!
Eiits, udah ya? iya, udah. itu kan secara umum.
Sebenarnya sih ada 2 alasan lagi orang menggunakan facebook, tapi ga secara umum sih, tapi mungkin kedepannya kayaknya jadi hal umum, yaitu :
  1. Berbagi ilmu. klo kamu punya pengetahuan cukup bisa ni facebook digunakan untuk sharing atau dakwah juga boleh.
  2. Berjualan. Poin inilah yang pasti menghasilkan rupiah. iya kan?
Mungkin anda bertanya "Kenapa ga disebutin aja tujuan orang menggunakan facebook itu ada 6 hal? kan lebih simpel". ya karna ada bedanya, dan ini akan kita pelajari juga.

Baiklah selanjutnya kita coba pelajari poin Berjualan aja ya. berjualan di facebook tentunnya. inilah yang disebut facebook marketing.

Pertama kita harus memahami target pasar kita (dalam hal ini pengguna facebook tentunya). Sampai disini kita tau kan klo secara umum orang menggunakan facebook untuk tujuan 4 hal diatas kan, bukan untuk mendengarkan produk jualan kita.
Coba tanya diri sendiri, enak tidak bila beranda kita dipenuhi tag-tag barang dagangan teman anda? pastinya risih kan, atau bahkan tidak peduli.

Jadi... kita perlu strategi marketingnya.
Kita harus menentukan & memilah target pasar kita, yaitu dengan melihat minat/interest pengguna. Misal kita mau jualan jilbab ni, kan ga mungkin kan kita tawarkan pada pria, apa lagi non muslim.

Contoh :
Si bejo suka banget ama club bola Real Madrid. dan dia suka banget semua informasi tentang real madrid.
Kira-kira waktu buka fb ada status/iklan "Klik like jika kamu suka C.Ronaldo!"
Bedjo sewaktu melihat ini, dia sama sekali tidak merasa sedang melihat iklan, bahkan dia malahan seperti sedang ditanya oleh kawan baru yang ternyata memiliki kesukaan yang sama dengan dirinya.
Apa kira-jawaban Bedjo?... Mauuu bangeet.
lalu si Bedjo akan klik like dengan sambil merasa ganteng dan pede abis.

Itulah strategi dasar untuk belajar facebook marketing.
Selanjutnya kita akan mempelajari strategi :
  • Kenapa Harus Niche Passionate
  • Tipe Fanspage
  • Metode moniteze/menghasilkan jualan
Tapiii... saya belum belum sempat memposting selanjutnya.

Baik buruknya artikel ini, akan menjadi sebuah masukkan buat saya kedepannya. Dan saya sangat amat sangat menghargai apapun komentar Anda!
Jika anda suka silahkan klik LIKE dibawah ini ya. Untuk komentar ya di kolom komentar dibawah ini.
Matur tengkyu!

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "BELAJAR FACEBOOK MARKETING"